Blog ini mengandung konten teknologi informasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran mengenai komputer.

Tuesday, September 10, 2013

ANALISIS PANCASILA SILA KE-3 “PERSATUAN INDONESIA”


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
            Seluruh warga Kesatuan Republik Indonesia sudah seharusnya mengetahui, mempelajari,  mengembangkan, serta mengamalkannua dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Alangkah akan tercipta masyarakat yang sejahtera dan damai apabila kita semua rakyat Indonesia melaksanakan hal tersebut, sesuai dengan cita-cita pendiri Bangsa Indonesia yang telah gugur. Sebagai generasi muda kita harus tunjukan semangat cinta dan bela negara kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia ini dengan menghayati dan ikut merasakan bagaimana para pahlawan kita mempertahankan dan merebut kembali negara ini. Ingatlah bahwa Pancasila merupakan dasar negara atau vondasi negara yang membentuk Undang-Undang 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika. Pancasila terdiri dari 5 sila yang memiliki arti luas dan mencakup kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta Undang-Undang 1945 sebagai landasan hukumnya. Untuk tercipta kedamaian dan kesejahteraan dibutuhkansemua aspek tersebut, salah satunya Persatuan yang tertulis di dalam Pancasila sila ke-3 yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Kalimat ini bahkan memiliki makna yang besar dan luas. Dengan persatuan tidak akan ada perpecahan. Berfikirlah ulang mengenai Persatuan di Indonesia. Jangan di ucapkan anda hanya perlu berfikir dan melihat pada diri anda sendiri bagaimana dengan diri anda sendiri? Apa tindakan anda untuk mewujudkan Persatuan di Indonesia. Tujuan perkuliahan Pancasila adalah agar mahasiswa memahami, menghayati dan melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara RI, juga menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang beragam masalah dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang hendak diatasi dengan pemikiran yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
            Inilah gunanya Pendidikan Pancasila dilaksanakan dan kami akan bahas mengenai apa itu “Persatuan Indonesia”.


B.  Rumusan Masalah
      Dari Latar belakang di atas dapat dirumuskan masalah
1.      Pengertian Persatuan Indonesia ?
2.      Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Indonesia ?
3.      Cara mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa ?

       C.    Tujuan
           Tujuan dari penulisan makalahini adalah
           1.      Mengetahui Pengertian Persatuan Bangsa Indonesia
           2.      Mengetahui arti pentingnya Persatuan dan Kesatuan Indonesia
           3.      Mengetahui cara mewujudkan Persatuan di Indonesia

        D.    Manfaat

          Penulis berharap setelah makalah ini jadi banyak orang yang sadar akan makna Persatuan di                    Indonesia serta dapat mewujudkan hal tersebut di Negara Indonesia tercinta ini.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Persatuan Indonesia
Persatuan Indonesia merupakan sila ke-3 dalam Pancasila. Sudah kita ketahui pula bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang multikultural dimana terdapat banyak sekali kebudayaan, suku, dan ras di dalamnya. Semua perbedaan tersebut hanya bisa bergabung mengunakan Persatuan.
Persatuan sendiri pengertianya adalah mengabung menjadi satu dan mutlak tidak dapat dipisahkan. Contohnya sendiri banyak sekali pulau di Indonesia, apabila berpecah atau memisah membentuk negara baru akan menimbulkan perpecahan atau disintegrasi di Indonesia, konflik pun akan terjadi antara kelompok pro dan kontra. Maka sangantlah dibutuhkan persatuan di Indonesia agar hal tersebut tidak terjadi.
Makna “ Persatuan Indonesia “dibentuk dalam proses sejarah yang cukup panjang sehingga seluruh bangsa Indonesia memiliki suatu persamaan nasib, satu kesatuan kebudayaan, kesatuan wilayah serta satu kesatuan asas kerokhanian Pancasila yang terwujud dalam persatuan bangsa, wilayah, dan susunan negara.
Persatuan adalah hal yang terbentuk tidak secara instan begitu saja, melainkan dengan proses yang panjang.

2.2 Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Indonesia

Sudah dikatakan di atas bahwa negara Indonesia terdiri dari beragam suku, budaya, bahasa, agama, dan ras. Semua perbedaan tersebut harus memiliki wadah untuk bergabung menjadi satu yaitu persatuan. Maka dari itu sangatlah penting sebuah persatuan di dalam Negara agar terwujud kesatuan dan persamaan.
Negara Indonesia sendiri sangatlah besar dan luas sehingga sangatlah sulit untuk mengaturnya apabila tidak ada persatuan. Bahkan sudah di sebutkan di dalam Sumpah Pemuda yang berbunyi,


1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air  Indonesia.
2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Sudah sangatlah jelas makna dari sumpah pemuda yang berisi cita-cita para pendiri negara di atas. Mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia maksudnya mau membela bangsa Indonesia yang masuk ke dalam kategori bela negara.
Mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia maksudnya kita hanya mengakui bahwa kita hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini dan berani menjunjung tinggi negara Indonesia ini.
Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia maksudnya kita memiliki bahasa persatuan untuk memudahkan berkomunikasi antar banyak ras suku di Indonesia yaitu bahasa nasional bahasa Indonesia. Maka dari itu kita harus menjunjung tinggi persatuan di Indonesia.

2.3 Cara mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Agar persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia dapat terwujud maka haruslah ada rasa toleransi diantara setiap warga msayarakat di Indonesia. Sikap dan rasa toleransi inilah yang membawa sebuah negara menjadi sejahtera dan damai. Dalam kenyataanya sangatlah berbeda dengan harapan yang diinginkan. Banyak orang malah merasa benar meskipun belum tentu benar. Jadi kalau begitu semua hal tersebut berasal dari dalam diri sendiri.
Kita satukan banyak orang yang memiliki latar dan sifat yang beragam untuk menraih persatuan. Perasaan senasib, serasa, sependeritaan pun dapat mempererat persatuan. Dengan kesamaan rasa orang akan berfikir orang lain adalah bagian dari hidupnya dan muncul rasa untuk saling menolong.
Persatuan juga akan muncul jika kita memiliki rasa saling memiliki, contohnya saja kita merasa memiliki Negara Kesatuan Republik Indonesia. Apabila negara kita direbut atau diancam pastinya sebagai warga negara tidak terima dan akan bersatu melawannya.
Apakah bangsa Indonesia sudah bersatu? Jawabanya belum, masih banyak orang yang belum sadar tentang arti persatuan dan kesatuan. Banyak orang yang masih berkonflik, tawuran, perang suku, dan sebagainya. Bukti inilah yang melatarbelakangi Indonesia belum bersatu. Maka dari itu marilah kita sadar tentang hal tersebut dan bentuk persatuan di bumi Indonesia tercinta ini.


BAB III
PENUTUP
       A.    Simpulan
Persatuan sangatlah penting bagi sebuah negara yang ingin hidup sejahtera. Dengan persatuan pula sebuah negara bahkan bisa bersatu dengan negara lain.  Persatuan juga akan mewujudkan kerjasama yang baik diantara orang di dalamnya.
Ingatlah semboyan negara kita “Bhineka Tunggal Ika” yang megandung arti meskipun kita berbeda-beda tetapi kita tetap satu. Satu negara dan satu bahasa nasional bahasa Indonesia.

No comments: